Perpustakaan Tanah Impian

 

Custom Search

Seni Rupa Dua Dimensi

Lukisan Kuno dari Tanah Jawa - 498.000 SM

Judul Asli: Terkuak, Gambar Kuno Tertua di Dunia Berasal dari Tanah Jawa

Torehan tertua di dunia yang terdapat pada cangkang ternyata berasal dari tanah Jawa, tepatnya dari situs Trinil, Ngawi, Jawa Timur. Penelitian yang dipublikasikan di Nature pada Senin (1/12/2014) mengungkapnya.

Josephine CA Jordens, peneliti pada Fakultas Arkeologi di Universitas Leiden, Belanda, beserta rekannya adalah pihak yang mengonfirmasi bahwa torehan tersebut merupakan yang tertua, berasal dari masa 500.000 tahun lalu.

Lukisan Gua di Sulawesi - 38.000 SM

Judul Asli : Lukisan Gua di Sulawesi Tertua di Dunia
Lukisan stensil tangan yang ditemukan di gua Maros, Sulawesi, diperkirakan berumur 40.000 tahun. Majalah "Nature" memberitakan penelitian yang dilakukan tim ahli dari Australia dan Indonesia. 

Lukisan Dinding Gua - 38.000 Tahun SM

Judul Asli : Temuan Lukisan Gua di Sumatera Selatan

Keberadaan lukisan diperbukitan yang terpatri apik lewat jari-jari lentik para leluhur, tak jauh dari Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komring Ulu (OKU), Sumatra Selatan bisa dikatakan merupakan temuan Lukisan di Dinding Gua Harimau yang sepektakuler.

Batik - 400 Tahun SM

Batik
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Filosofi dari Motif Batik

Nama motif : Sido Luhur
Daerah : Kraton Surakarta
Jenis Batik : Batik Kraton
Dikenakan : Temanten Putri (malam pengantin)
Makna : Keluhuran. Bagi orang Jawa, hidup memang untuk mencari keluhuran materi dan non materi. Keluhuran materi artinya bisa tercukupi segala kebutuhan ragawi dengan bekerja keras sesuai dengan jabatan, pangkat, derajat, maupun profesinya. Sementara keluhuran budi, ucapan, dan tindakan adalah bentuk keluhuran non materi. Orang Jawa sangat berharap hidupnya kelak dapat mencapai hidup yang penuh dengan nilai keluhuran.


Tertua di Nusantara

Game OL Sejarah Tanah Impian

Who's Online

We have 35 guests and no members online

Prosentase Asal Negara Pengunjung

Flag Counter

Terimakasih untuk dukungannya