Perpustakaan Tanah Impian

Sapto Satrio Mulyo : Kembali ke Kearifan Lokal
Salah satu esensi Kembali ke Kearifan Lokal adalah saat kita paham dengan Sejarah Bangsa Kita Sendiri.
 
Dengan kita paham dan mencintai Sejarah Bangsa Indonesia, maka kita akan mencintai, lalu menerapkan Budaya Bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, selanjutnya barulah kita dapat disebut sebagai Warga Negara Indonesia yang baik dan benar. Hal ini mengingat, banyak dari kita yang justru bangga dengan Budaya Asing.
 
Sebenarnya Jepang dan Korea sudah mencontohkan pada kita semua, betapa mereka memegang teguh Kearifan Lokalnya, tetapi pada kenyataannya, mereka pun tidak kalah dalam modernisasi teknologi. Hormat kepada orang yang lebih tua, adalah bentuk Kearifan Lokal yang universal, bahkan disini sudah hampir ditinggalkan.
www.saptosatriomulyo.web.id (Pencetus Perpustakaan Tanah Impian)
 
 

Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara mempunyai makna sebagai Cara Pandang Bangsa Indonesia terhadap Diri dan Lingkungannya. Sedangkan Diri mempunyai makna sebagai Diri Bangsa Indonesia Sendiri, dan Nusantara mempunyai makna sebagai Lingkungan Tempat Tinggalnya.

Jadi secara Terminologi , Wawasan nusantara adalah sebagai Cara Pandang Bangsa Indonesia terhadap Diri dan Lingkungannya yang sesuai dengan Ideologi Nasionalnya, yakni Pancasila dan UUD 1945, sebagai Aspirasi suatu Bangsa yang Merdeka, Berdaulat, serta Bermartabat ditengah-tengah Lingkungannya dengan Menjiwai Tindak Kebijaksanaan dalam Mencapai Tujuan Perjuangan Bangsa Indonesia.