Perpustakaan Tanah Impian

 

Custom Search

Sejarah Kota

Kota Bekasi - Tahun 358 s/d 669 M

Bekasi - Tahun 358 s 669 M
Sejarah Bekasi tempo dulu Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri, itulah sebutan Bekasi tempo dulu sebagai Ibukota Kerajaan Tarumanagara (358-669). Luas Kerajaan ini mencakup wilayah Bekasi, Sunda Kelapa, Depok, Cibinong, Bogor hingga ke wilayah Sungai Cimanuk di Indramayu.

Sumber : BekasiSehat.com

Kota Palembang - 683 M

Yaa…inilah Kota tertua di Indonesia dengan sejarahnya yang panjang sebagai kerajaan bahari budha terbesar di asia tenggara yang mendominasi nusantara dan malaya abad ke-9 dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.

Kota Magelang - 907 M

Berdasarkan peraturan daerah kota Magelang tahun 1889 di tetapkan tanggal lahir kota ini 11 April 907, Prasasti POH dan Mantyasih ditulis zaman Mataram Hindu saat pemerintahan Raja Rake Watukura Dyah Balitung (898-910 M). dalam prasasti ini disebut-sebut adanya Desa Mantyasih dan nama Desa Glangglang, Mantyasih inilah yang kemudian berubah menjadi Meteseh, sedangkan Glangglang berubah menjadi Magelang.

Kota yang terbukti tua ini adalah jalur penghubung 2 kota lainnya yaitu Semarang dan Yogyakarta, sebagai kota alternatif Magelang dijadikan sebagai lalu lintas ekonomi oleh bangsa Inggris dan menjadi kota militer karena letaknya strategis.

Sumber : http://djolbis.wordpress.com/2012/06/03/5-kota-tertua-di-indonesia/

Surabaya - Tahun 1.293 M

Tanggal 31 Mei ditetapkan sebagai hari jadi Kota Surabaya untuk mengenang peristiwa 31 Mei 1293, dimana waktu itu Raden Wijaya (Pendiri Kerajaan Majapahit) berhasil mengusir tentara Tar-Tar dan akhirnya bala tentara Mongol ini melarikan diri melalui Ujung Galuh, suatu desa kecil yang letaknya ada di kawasan Surabaya Utara saat ini. Ratusan tahun kemudian, Ujung Galuh menjelma menjadi kota Surabaya, kota yang sangat besar nomor dua setelah ibukota Indonesia Jakarta.

Sumber : http://rusabawean.com/selamat-ulang-tahun-kota-surabaya-ke-716.html

Kota Majapahit - tahun 1.350 M

Kota Majapahit  di Trowulan

Kakawin Nagarakretagama, pupuh VIII-XII, merupakan sumber tertulis yang penting untuk mengetahui gambaran Kota Majapahit sekitar tahun 1350 M. Kota pada masa itu bukanlah kota dalam arti modern, demikian pernyataan Pigeaud (1962), ahli sejarah kebangsaan Belanda, dalam kajiannya terhadap Nagarakretagama karya Prapanca.

Kota Bogor - Tahun 1.500 M

Kota Bogor merupakan salah satu kota tua di Indonesia yang telah berdiri pada abad XV sebelum masuknya VOC di Indonesia. Parung angsana atau kampung baru merupakan cikal bakal Bogor yang dibangun oleh tanujiwa pada tahun 1689 – 1705.

Sumber : http://www.kotabogor.go.id/video/258-bogor/8388-lambang-kota-bogor-a-pernyataan

Kota Jakarta - Tahun 1.527 M

Mr. Dr. Sukanto menyerahkan naskah berjudul Dari Jayakarta ke Jakarta. Dia menduga bahwa 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada kenyataan dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Penetapan_hari_jadi_Jakarta

Kota Semarang - 1.547 M

Semarang (2 Mei 1547) adalah kota yang berada di jawa tengah dengan berbagai gedung-gedung tuanya peninggalan negara asing, di abad 8 semarang di kenal sebagai kerajaan Mataram dan pelabuhan simongan adalah pelabuhan tua yang pernah di kunjungi Laksamana Cheng Ho. Jendral ini juga mendirikan Klenteng dan Mesjid yang sampai sekarang masih berdiri yaitu Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu).

Sumber :http://djolbis.wordpress.com/2012/06/03/5-kota-tertua-di-indonesia/

Kota Medan - Tahun 1.590 M

Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Medan mengeluarkan Surat Keputusan No.74 tanggal 14 Februari 1973 agar Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan melanjutkan kegiatannya untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Berdasarkan perumusan yang dilakukan oleh Pansus Hari Jadi Kota Medan yang diketuai oleh M.A.Harahap bulan Maret 1975 bahwa tanggal 1 Juli 1590 merupakan hari jadi kota Medan dan sebagai landasannya adalah didirikannya Si Sepuluh Dua Kuta di Areal Medan.

Sumber : http://www.pemkomedan.go.id/selayang_hari.php