Perpustakaan Tanah Impian

 

Custom Search

Ke Malaysia

Migrasi Suku Minang ke Malaysia - Tahun 1.300 M

Dalam sejumlah literatur dituliskan, bahwa migrasi orang Minang ke Semenanjung Malaka dilakukan dalam beberapa dekade. Awalnya dimulai tahun 1300-an. Dimana banyak keluarga Minang yang berpindah ke pesisir Timur Sumatera, hingga ke Negeri Sembilan, Malaysia. Bersamaan dengan gelombang migrasi ke arah timur, juga terjadi perpindahan masyarakat Minang ke pesisir barat Sumatera.

Raja Malaysia Pertama Negeri Sembilan - Tahun 1.773 s/d 1.795 M

Melewar dari Negeri Sembilan
Raja Melewar merupakan Yang Dipertuan Besar pertama Negeri Sembilan di Semenanjung Malaya. Ia merupakan keturunan Yang Dipertuan Pagaruyung (Sumatera Barat), yang dikirim untuk menjadi raja di Negeri Sembilan.[1]

Biografi
Nama lengkapnya adalah Yang Dipertuan Besar Sri Paduka Raja Tuanku Mahmud Syah ibni al-Marhum Sultan 'Abdu'l Jalil, Yang diPertuan Besar Negeri Sembilan. Raja Melewar memerintah dari tahun 1773 sampai 1795.

Kemerdekaan Malaya

Setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, kemunculan gerakan perlawanan anti-Jepang di Malaya (Melayu) mengalihkan perhatian penduduk Malaya dari Inggris, yang dengan cepat merebut kembali kendali atas koloni Malaya, terutama karena menilai wilayah itu sebagai sumber karet dan timah.