Komunitas Sejarah Tanah Impian




Candi Dukuh atau Candi Brawijaya V

Salatiga (PerpustakaanTanahImpian) - Berjarak sekitar 10 kilometer dari Salatiga, tepatnya di Desa Rowoboni, dusun Candisari, Banyubiru, Kabupaten Semarang. Ditenggarai bahwa bangunan batu tersebut merupakan peninggalan Prabu Brawijaya V, penguasa terakhir kerajaan Majapahit.

Candi Dukuh ini dikenal juga sebagai Candi Brawijaya V karena diduga pada zaman dahulu candi ini merupakan sebuah tempat yang digunakan Raja Majapahit yaitu Brawijaya V untuk melakukan pertapaan.

Candi Dukuh merupakan hasil artefak dari reruntuhan sebuah candi Hindu di tepi Rawapening Ambarawa. Dari penduduk setempat, candi ini adalah peninggalan Prabu Brawijaya V.

Dari sisi perkiraan artefaknya candi ini dibangun sekitar abad IX atau di zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Menurut warga setempat, di kawasan Candi Dukuh dahulu memiliki arca yang cukup banyak,

Saat ini arca-arca tersebut tidak ada lagi atau hilang dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu Candi Dukuh kini dibawah pengawasan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah. Juga sudah terdapat pos penjagaan, beserta juru kunci yang memelihara dan memberi penjelasan kepada wisatawan atau pengunjung yang datang.

Sumber : dari berbagai sumber
Foto : Istimewa

Budaya Arab Ternyata Warisan dari Budaya Agama Kristen


Jendela Nusantara

Epik La Galigo

Jakarta ( PerpustakaanTanahImpian ) - Sureq Galigo atau Galigo, atau disebut juga La Galigo adalah sebuah epik mitos penciptaan dari pera...