Jendela Nusantara

Sabdo Palon & Naya Genggong Nagih Janji

Kerajaan Singapura Awal dari Kerajaan Cirebon

Jakarta (PerpustakaanTanahImpian) - Budayawan Cirebon, Nurdin M. Noer menjelaskan bahwa kerajaan Singapura, diperkirakan berdiri sekitar abad ke-12. Hal ini dapat dilihat dari sebagian artefak yang ditemukan di sekitar situs Lawang Gedhe Desa Mertasinga yang diperkirakan dibuat sekitar abad ke-12. Singapura merupakan salah satu kerajaan kecil yang wilayahnya berada di sekitar Kecamatan Gunungjati (saat ini), dan adalah kerajaan pada masa awal sebelum Kerajaan Cirebon berdiri.

Kerajaan Singapura mengalami puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Ki Jumajan Jati atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Ageng Tapa pada tahun 1401. Dimana berdasarkan catatan sejarah yang ditulis oleh P. Arya Carbon Raja Giyanti (P. Roliya Martakusuma), saat itu pelabuhan Muara Jati mendapat kunjungan armada besar dari China yang dipimpin oleh Cheng Hwa. Hal ini menandakan bahwa pelabuhan ini merupakan belabuhan populer pada zamannya.

Dimana saat itu pelabuhan ini sudah memiliki menara (Mercusuar) di atas bukit amparan jati. Sehingga tidak mengherankan jika sepanjang hari banyak sekali kapal-kapal dagang yang membongkar muatan. Terlebih pelabuhan ini sudah memiliki fasilitas untuk transit, untuk mengisi air tawar, juga untuk memperbaiki kerusakan kapal di galangan kapal. Selain itu, Cirebon pada saat itu dikenal juga memiliki stok persediaan kayu jati yang cukup banyak.

Yang kini harus diteliti lebih lanjut, apa hubunganya dengan Negara Singapura dan Singhapura di Cirebon yang notabene mmiliki umur lebih tua dari Negara Singapura.

Wilayah Singapura dahulu bernama Temasek, menurut istilah bahasa Melayu artinya "Hutan Rawa", hal ini sebagai rujukan dari nama lama pulau Ujong/Pulau Singapura. Sebelum berganti nama menjadi Singapura pada abad ke-14, negara atau daerah tersebut dikenal dengan nama Temasek. Sedangkan kata Temasek sendiri diambil dari bahasa Jawa (Kuno) tumasik yang artinya "Menyerupai Laut".

Jadi tidak mengherankan kalau Encik Yusof bin Ishak - Presiden Singapura yang Pertama adalah orang Indonesia.

Sumber : Dari berbagai sumber
Foto : Istimewa

Budaya Arab Ternyata Warisan dari Budaya Agama Kristen