Komunitas Sejarah Tanah Impian




Naskah Wangsakerta - Tahun 1.677 M

Trowulan (PerpustakaanTanahImpian) - Naskah Wangsakerta - Tahun 1.677 M banyak memberikan kita catatan-catatan penting mengenai sejarah Nusantara, untuk itu kiranya Naskah ini dapat juga dijadikan sebagai rujukan Sejarah Nusantara yang memiliki koneksitas dengan Sejarah Dunia.


Migrasi Deutero Melayu
Selama ribuan tahun, Bangsa Proto Melayu mendiami Nusantara. Baru sekitar 300 Tahun SM, datang bangsa pendatang, yang kemudian dikenal sebagai Bangsa Deutero Melayu. Bangsa Nusantara sudah bermukim di Bumi Nusatara minimal sejak 1.998.100 Tahun SM


Referensi : 
http://perpustakaan.tanahimpian.web.id/index.php/manusia/5-pithecanthropus-erectus-1998100-tahun-sm

Aki Tirem (Sesepuh masyarakat Salakanagara, pada abad 2 Masehi - tahun 130 M), antara lain :
Leluhur Aki Tirem bernama Aki Bajulpakel berdiam di Swarnabumi (Sumatera) bagian Selatan, kemudian Datuk Pawang Marga berdiam di Swarnabumi bagian Utara dan Datuk Banda berdiam di Langkasungka India.


Secara Genealogy, nampak jelas bahwa alur migrasi Bangsa Deutero Melayu, bermula dari tanah India, lalu memasuki Nusantara melalui Swarnabumi (Sumatera), dan kemudian menuju ke pulau Jawa (Sumber : Teori Antropologi “Migrasi Deutero Melayu”, ditemukan Panembahan Tohpati, Sejarawan Nusantara abad ke-17M).

Keragaman Penduduk Nusantara, semakin diperkaya dengan kehadiran keturunan Nabi Ibrahim, dari Dinasti Pallawa yang dikenal sebagai Dewawarman I (Sumber : (Connection) Majapahit, Pallawa dan Nabi Ibrahim ?). Di kemudian hari Dewawarman I menjadi penguasa di Salakanagara, dan menikah dengan anak Aki Tirem, yang bernama Pohaci Larasati.

Garis Silsilah : Aki Tirem putera Ki Srengga putera Nyai Sariti Warawiri puteri Sang Aki Bajulpakel putera Aki Dungkul putera Ki Pawang Sawer putera Datuk Pawang Marga putera Ki Bagang putera Datuk Waling putera Datuk Banda putera Nesan

Sumber : 
http://harunjaya33.wordpress.com/2011/12/09/sejarah-melayu-teori-sundaland-dan-naskah-wangsakerta/

Disusun Ulang : Team Tanah Impian


Foto : Istimewa

Budaya Arab Ternyata Warisan dari Budaya Agama Kristen