Jendela Nusantara

Sabdo Palon & Naya Genggong Nagih Janji

Sundaland disebut sebagai Benua yang Tenggelam

Jakarta (PerpustakaanTanahImpian) -  Sundaland disebut sebagai Benua yang Tenggelam di Asia Tenggara. Kita akan mencoba menelisik peran Nusantara sejak zaman es.

Stephen Oppenheimer, seorang peneliti dan penulis buku 'Eden in The East: Benua yang Tenggelam di Asia Tenggara', menjelaskan kalau Sundaland adalah nama yang sudah diakui di dunia.

Selain itu, Sundaland sudah menjadi istilah geologis. Menurutnya, Sundaland adalah sebutan bagi paparan benua yang sebagian tenggelam di Asia Tenggara, lebih tepatnya adalah Indonesia dan sekitarnya.

Oppenheimer menerangkan dari kacamata geolog, sebutan Sundaland adalah sebagai sebuah paparan benua, bukan berarti Sundaland itu sebagai Jawa Barat. Seiring dengan penjelasannya, ia juga mengatakan tidak mengetahui mengapa yang dipilih namanya adalah Sunda, bukan pulau lain di Indonesia.

Sementara, menurut guru besar geologi Unpad Prof Adjat Sudrajat, Sundaland adalah nama pemberian para pembuat peta dari Portugis. Hal ini terkait dengan penjelajahan Portugis kala itu, dimana saat Portugis sampai di Indonesia, mereka membuat peta, dan karena pada saat itu di Jawa sudah ada kerajaan Sunda, maka semua wilayah disebut Sundaland.

Peta inilah yang menjadi awal dari peta ilmiah untuk perkembangan ilmu geografi di Eropa, yang diperkenalkan kepada ilmuwan Eropa. Sehingga tidak mengherankan jika semua memakai nama Sunda, mulai dari pulau Sunda Besar, Sunda Kecil, sampai Laut Sunda.

Baca juga : Kepulauan Sunda Kecil (Bali, NTB dan NTT) - Kepulauan Wisata

Meskipun setelah perkembangan zaman, barulah ada penamaan lain, seperti Indonesia, Malaysia, dan seterusnya. Namun kalau bicara dalam kacamata ilmuwan geologis, tetap mereka menyebutnya dengan Sundaland.

Sumber : Dari berbagai sumber
Foto : Istimewa

Budaya Arab Ternyata Warisan dari Budaya Agama Kristen