Komunitas Sejarah Tanah Impian




Sekilas Mengenai Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan17.508 pulau, terbentaang antara 6 derajat garis lintang utara hingga 11 derajat garis lintang selatan, dan dari 97 derajat hingga 141 derajat garis bujur timur.
Indonesia terletak di antara dua benua; benua Asia dan benua Australia/Oceania. Posisi strategis ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dan jika perairan diantara pulau-pulau tersebut dipersatukan, maka luas Indonesia adalah 1.9 juta mil persegi,

Lima pulau besar di Indonesia adalah : Sumatera dengan luas 473.606 km persegi, Jawa dengan luas 132.107 km persegi, Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia) dengan luas 539.460 km persegi, Sulawesi dengan luas 189.216 km persegi, dan Papua dengan luas 421.981 km persegi.


Dari Pendekatan Sejrah Geologi
Kepulauan di Indonesia terbentuk pada jaman Miocene (12 juta tahun sebelum masehi); Palaeocene ( 70 juta tahun sebelum masehi); Eocene (30 juta tahun sebelum masehi); Oligacene (25 juta tahun sebelum masehi).
Indonesia dipercaya sudah ada sejak zaman Pleistocene (4 juta tahun sebelum masehi). Adapun terbentuknya pulau-pulau sepanjang garis dipengaruhi oleh perubahan antara lempengan tektonik Australia dan Pasifik. Lempengan Australia berubah lambat naik kedalam jalan kecil lempeng Pasifik, yang bergerak ke selatan, dan antara garis-garis ini terbentanglah pulau-pulau Indonesia.

Hal inilah yang membuat Indonesia sebagai negara yang paling banyak berubah wilayah geologinya di dunia. Pegunungan-pegunungan yang berada di berbagai pulau di Indonesia berjumlah lebih dari 400 gunung berapi, dimana 100 diantaranya masih berstatus aktif.
Sumber : Dari berbagai sumber

Budaya Arab Ternyata Warisan dari Budaya Agama Kristen