Jendela Nusantara

Sabdo Palon & Naya Genggong Nagih Janji

Sebuah Ilustrasi Literasi Utama Jakarta ( PerpustakaanTanahImpian ) -   Apakah sudah saatnya ...

Asal Muasal Bahasa di Dunia

Lingua Franca
Hamburg (PerpustakaanTanahImpian) - Nusantara adalah awal peradaban sudah banyak yang membuktiikan. Dengan berbagai bukti dan teori, mulai dari Benua Atlantis yang Hilang hingga berbagai teorinya.

Lama saya ingin mencoba untuk membuktikan dari sisi bahasa, bahwa Nusantara adalah "Asal Muasal Bahasa Manusia di Dunia"

Pernah mendengar dari seorang Profesor bahasa di Hamburg, dalam sebuah kesempatan, Ia mengatakan bahwa Bahasa Jawa adalah Bahasa Pergaulan terlengkap di Dunia.

Dalam pembicaraan tersebut juga dibicarakan kehebatan dari bahasa-bahasa yang lain, seperti :
  • Bahasa Jerman adalah bahasa terlengkap dalam dunia tehnik
  • Bahasa Perancis adalah bahasa yang baik dalam ungkapan percintaan
  • Bahasa Itali adalah bahasa yang paling enak untuk syair lagu beserta musiknya
  • Sementara Bahasa Inggris hanya bahasa internasional yang digunakan, yang penyebarannya hasil penjajahannya.
Dari ungkapan Profesor tersebut, saya menyimpulkan, bahwa dari semua keunggulan semua bahasa yang disebutkan di atas, hipotesa saya sementara adalah, bahwa Bahasa Jawa adalah Asal Muasal Bahasa Manusia di Dunia.

Ditambah di google terdapat terjemanan atau fasilitas pencarian dengan Bahasa Jawa, membuat saya bertambah yakin, bahwa Bahasa Jawa merupakan akar Bahasa alami yang muncul paling awal.

Alasan lain adalah, bahwa penggunaan bahasa dimulai dari interaksi minimal ada dua orang. Dan selebihnya disebut pergaulan.

Jadi Asal Muasal Bahasa Manusia, karena dibutuhkan adanya komunikasi di antara manusia.

Dari hipotesa tersebut di atas, maka saya memulai mencari bukti-bukti yang menguatkan.

Mulailah saya dengan teori bahasa kira-kira 2.500 tahun Sebelum Masehi, terjadi migrasi oleh Penutur Bahasa Austronesia dari Taiwan ke Filipina, kemudian ke selatan, dan Indonesia (Pulang Kampung), dan ke timur ke Pasifik. Mereka adalah nenek moyang suku-suku di wilayah Nusantara.

Sementara Hominid ditemukan di pulau Jawa pada Zaman Pra Sejarah - 1.998.100 Tahun SM. Sebagai manusia pasti mereka akan berinteraksi, dan berkomunikasi menggunakan bahasa, apapun bahasanya.

Oleh karenanya, dapat dikatakan bahwa "Asal Muasal Bahasa Manusia di Dunia" ya pasti dari Nusantara, atau Indonesia, atau dari Pulau Jawa, atau dimulai dari Bahasa Jawa.

Asal Bahasa Indonesia
Saat saya ke Taiwan menemui orang-orang austronesia, memang tampak mereka menggunakan bahasa Indonesia, tapi berpakaian ala Cina.

Dan teori penyebaran bahasa Austronesia yang paling saya ingat adalah, semakin jauh bahasa tersebut dari akarnya, maka semakin berkurang kosa katanya.

Dengan teori penyebaran bahasa tersebut di atas, maka kalau kita melihat banyaknya kosa kata, juga bahasa yang ada di Indonesia, maka justru asal bahasa tersebut, dapat dikatakan dari Indonesia atau Nusantara.

Mudahnya Bahasa Indonesia
Jika kita perhatikan, bagaimana mudahnya orang-orang asing belajar bahasa Indonesia.

Saya dapat mencontohkan, banyaknya pemain-pemain bola asing yang datang ke Indonesia, kurang dari 3 bulan, mereka sudah lancar berbahasa Indonesia.

Sementara saya bertahun-tahun tinggal di Jerman, masih gagap berbahasa Jerman.

Kemudahan Bahasa Indonesia membuktikan, bahwa Bahasa Indonesia adalah sebagai Asal Bahasa yang berproses secara alami, menjadi Bahasa yang sederhana.

Phonetik Bahasa Indonesia diwakilkan oleh Bahasa Jawa


Phonetik saat berbahasa Jawa, tidak terdengar phonetik penutur asalnya

Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=0URPjAcA5B8&t=26s

Coba kita tonton lalu dengarkan video youtube di atas, tanpa kita melihat penuturnya, apakah kita merasa Ia bukan orang Jawa, atau justru kita merasakan bahwa penuturnya adalah orang Jawa asli.

Saat saya belajar phonetik bersama teman-teman dari berbagai negara, tidak ada satupun yang tidak meninggalkan jejak Bahasa Ibunya. Sehingga tidak ada satu pun yang dapat sempurna, terdengar seolah si penutur benar-benar orang Jerman. Begitu pula dengan pengalaman saya, saat belajar phonetik di negara Taiwan, dlsb.

Tetapi dengan mendengarkan video di atas, saya pribadi yang orang Jawa, merasa dan mendengar suara orang Londo tersebut di atas, persis orang Jawa asli.
  • Asal Bahasa Indonesia Penyeberan Bahasa yang membuktikan, bahwa  Bahasa Indonesia adalah bahasa asal atau sebagai akar dari bahasa Austronesia. Hal ini dibuktikan dari kayanya kosa kata yang ada di Nusantara. Jadi Bahasa Austronesia pulang kampung ke Nusantara.
  • Mudahnya Bahasa Indonesia Mudahnya bahasa Indonesia dipelajari dan diterapkan oleh semua bangsa di Dunia. Membuktikan Bahasa Indonesia adalah Bahasa Sederhana, se sederhana proses komunikasi manusia pada awalnya.
  • Phonetik Bahasa Indonesia Secara phonetik, saat saya belajar bahasa Inggris, Jerman, Jepang dan China. Tidak ada seorang pun yang dapat menyamai bahasa tersebut. Pasti yang mendengar tanpa melihat wajah penuturnya, tetap mengenali bahwa yang bertutur adalah penutur asing, karena bukan bahasa Ibunya.
Dengan tiga variabel di atas, maka dapat disimpulkan bahwa "Asal Muasal Bahasa Manusia di Dunia" adalah Bahasa Jawa, yang kemudian bermetamorfosis ke dalam Bahasa Indonesia.

Sapto Satrio Mulyo

Budaya Arab Ternyata Warisan dari Budaya Agama Kristen