Jendela Nusantara

Sabdo Palon & Naya Genggong Nagih Janji

Sebuah Ilustrasi Literasi Utama Jakarta ( PerpustakaanTanahImpian ) -   Apakah sudah saatnya ...

Sejarah Leluhur Nabi Nuh - 3.993 s 3.043 Tahun SM

Kapal Nabi Nuh yang terbuat dari Kayu Jati
Jakarta (PerpustakaanTanahImpian) - Sejarah Leluhur Nabi Nuh, yang ambil dari berbagai sumber, merupakan bunga rampai, yang akan terus kami sempurnakan.

Inilah urutan Leluhur Nabi Nuh, hingga sampai ke Nabi Adam :
  • Adam (Usianya 930 tahun - Set lahir pada saat dirinya berusia 130 tahun)  
  • Set (Usianya 912 tahun - Set adalah anak laki-laki dari Adam dan Hawa - Ia dilahirkan pada saat Adam berumur 130 tahun - Set merupakan saudara muda dari Kain dan Habel)
  • Enos (Usianya 905 tahun - 1.140 tahun setelah Adam - Pada zaman Enos disebutkan bahwa manusia mulai memanggil nama TUHAN - Kenan lahir pada dirinya berusia 90 tahun - Nama Enos disebut delapan kali dalam Alkitab, enam kalinya di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh dan sekali di dalam kitab Injil Lukas - Ia hidup semasa dengan Adam selama 695 tahun, 84 tahun dengan Nuh, dan dia menyaksikan kenaikan Henokh pada usia 752 tahun - )
  • Kenan (Usianya 910 tahun - Nama Kenan disebut delapan kali dalam Alkitab, yaitu lima kali di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh dan dua kali di dalam kitab Injil Lukas - )
  • Mahalaleel (Usianya 895 tahun - Yared lahir pada saat dirinya berusia 65 tahun - Ia hidup semasa dengan Adam selama 535 tahun dan 243 tahun dengan Nuh - a menyaksikan kenaikan Henokh pada usia 592 tahun - ia disebut delapan kali dalam Alkitab, yaitu lima kali di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh, Kitab Nehemia, dan Injil Lukas. Yang ditulis dalam Kitab Nehemia itu bukan orang yang sama dengan orang yang disebutkan tujuh kali lainnya.)
  • Yared (Usianya 962 tahun - Nama Yared disebut tujuh kali dalam Alkitab, yaitu lima kali di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh dan sekali di dalam kitab Injil Lukas - Ia mempunyai seorang anak yang bernama Henokh pada usia 162 tahun - Usianya 962 tahun - Ia hidup semasa dengan Adam selama 470 tahun dan 366 tahun dengan Nuh - Ia menyaksikan kenaikan Henokh ke surga pada usia 527 tahun)
  • Henokh (Usianya 365 tahun - Keturunan ketujuh dari Adam dan kakek dari Nuh - Henokh memiliki putra bernama Metusalah ketika berumur 65 tahun - Henokh kerap dipandang sebagai Nabi Idris dalam sumber Islam)
  • Metusalah (Usianya 969 tahun - Meninggal pada usia 969 - Metusalah adalah putra Henokh , ayah Lamekh , dan kakek Nuh - Metusalah memiliki putra bernama Lamekh saat berusia 187 tahun - Kehidupannya dijelaskan lebih rinci dalam teks-teks religius ekstra alkitabiah seperti Kitab Henokh , Henokh Slavia , dan Kitab Musa )
  • Lamekh (Usianya 777 tahun - Nama Lamekh disebut tujuh kali dalam Alkitab - Ia mempunyai seorang anak yang bernama Nuh pada usia 182 tahun dan hidup hingga mencapai usia 777 tahun - Melalui keturunan Lamekh dilahirkanlah Nuh, Abraham, Daud, hingga akhirnya menurunkan Yesus -  Lamekh memiliki putra bernama Nuh saat berusia 182 tahun.)
  • Nuh (Usianya 950 tahun - Namanya disebutkan 43 kali dalam 28 surah di Al-Qur'an dan 58 kali dalam 48 ayat dalam 9 buku Alkitab Terjemahan Baru) 
Syits atau Set (bahasa Ibrani: שֵׁת, bahasa Ibrani Standar Šet, Tiberias Šēṯ; bahasa Arab: شيث Syīts) adalah anak laki-laki dari Adam dan Hawa. Namanya memiliki arti kompensasi; orang yang ditetapkan, fondasi atau dasar. Ia dilahirkan pada saat Adam berumur 130 tahun (Kejadian 5:3). Set merupakan saudara muda dari Kain dan Habel.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Set

Enos dalam kitab Kejadian dari Kitab Suci Ibrani dan Alkitab, adalah salah satu anak dari Set dan isterinya yang tidak disebutkan namanya. Nama Enos disebut delapan kali dalam Alkitab, enam kalinya di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh dan sekali di dalam kitab Injil Lukas.

Ia mempunyai seorang anak yang bernama Kenan pada usia 90 tahun dan hidup hingga mencapai usia 905 tahun, 1.140 tahun setelah Adam. Ia hidup semasa dengan Adam selama 695 tahun, 84 tahun dengan Nuh, dan dia menyaksikan kenaikan Henokh pada usia 752 tahun. Pada zaman Enos disebutkan bahwa manusia mulai memanggil nama TUHAN.

Melalui keturunan Enos dilahirkanlah Nuh, Abraham, Daud, hingga akhirnya menurunkan Yesus.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Enos

Kenan dalam kitab Kejadian dari Kitab Suci Ibrani dan Alkitab, adalah salah satu anak dari Enos dan isterinya yang tidak disebutkan namanya. Nama Kenan disebut delapan kali dalam Alkitab, yaitu lima kali di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh dan dua kali di dalam kitab Injil Lukas. Enos memperanakkan Kenan pada usia 90 tahun dan hidup hingga mencapai usia 910 tahun.

Melalui keturunan Kenan dilahirkanlah Nuh, Abraham, Daud, hingga akhirnya menurunkan Yesus.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kenan

Mahalaleel dalam kitab Kejadian dari Kitab Suci Ibrani dan Alkitab, adalah salah satu anak dari Kenan dan isterinya yang tidak disebutkan namanya. Nama Mahalaleel disebut delapan kali dalam Alkitab, yaitu lima kali di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh, Kitab Nehemia, dan Injil Lukas. Yang ditulis dalam Kitab Nehemia itu bukan orang yang sama dengan orang yang disebutkan tujuh kali lainnya.

Ia mempunyai seorang anak yang bernama Yared pada usia 65 tahun dan hidup hingga mencapai usia 895 tahun. Ia hidup semasa dengan Adam selama 535 tahun dan 243 tahun dengan Nuh. Ia menyaksikan kenaikan Henokh pada usia 592 tahun.

Melalui keturunan Mahalaleel dilahirkanlah Nuh, Abraham, Daud, hingga akhirnya menurunkan Yesus.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mahalaleel

Yared dalam kitab Kejadian dari Kitab Suci Ibrani dan Alkitab, adalah salah satu anak dari Mahalaleel dan isterinya yang tidak disebutkan namanya. Nama Yared disebut tujuh kali dalam Alkitab, yaitu lima kali di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh dan sekali di dalam kitab Injil Lukas.

Ia mempunyai seorang anak yang bernama Henokh pada usia 162 tahun [2] dan hidup hingga mencapai usia 962 tahun. Ia memiliki masa hidup terpanjang dari antara leluhurnya dari sejak Adam hingga dirinya. Ia hidup semasa dengan Adam selama 470 tahun dan 366 tahun dengan Nuh. Ia menyaksikan kenaikan Henokh ke surga pada usia 527 tahun.

Melalui keturunan Yared dilahirkanlah Nuh, Abraham, Daud, hingga akhirnya menurunkan Yesus].

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Yared

Henokh (bahasa Ibrani: חֲנוֹךְ; bahasa Tiberia: Ḥănōḵ) adalah keturunan ketujuh dari Adam dan kakek dari Nuh. Ia juga dikenal dengan nama Idris.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Henokh_(leluhur_Nuh)

Metuselah ( Ibrani : מְתוּשֶׁלַח Məṯūšélaḥ , dalam pausa מְתוּשָׁלַח Məṯūšā́laḥ , "Man of the lembing " atau "Death of Sword"; [1] Bahasa Yunani : Μαθουσαλά Mathousalá ) [2] adalah seorang bapa bangsa alkitabiah dan seorang tokoh dalam Yudaisme , Kristen , dan Islam . Dikatakan telah meninggal pada usia 969, ia hidup paling lama dari semua tokoh yang disebutkan dalam Alkitab . [3] Menurut Kitab Kejadian , Metusalah adalah putra Henokh , ayah Lamekh , dan kakek Nuh . Di bagian lain dalam Alkitab, Metuselah disebutkan dalam silsilah dalam 1 Tawarikh dan Injil Lukas .

Kehidupannya dijelaskan lebih rinci dalam teks-teks religius ekstra alkitabiah seperti Kitab Henokh , Henokh Slavia , dan Kitab Musa . Para komentator Alkitab telah memberikan berbagai penjelasan mengapa Kitab Kejadian menggambarkannya sebagai orang yang telah meninggal pada usia lanjut; beberapa percaya bahwa usia Metuselah adalah hasil dari kesalahan penerjemahan, sementara yang lain percaya bahwa usianya digunakan untuk memberi kesan bahwa bagian dari Kejadian terjadi di masa lalu yang sangat jauh. Nama Methuselah telah menjadi identik dengan umur panjang, dan ia telah digambarkan dan dirujuk dalam film, televisi dan musik.
Sumber :
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Methuselah&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp

Lamekh dalam kitab Kejadian dari Kitab Suci Ibrani dan Alkitab, adalah salah satu anak dari Metusalah dan isterinya yang tidak disebutkan namanya. Nama Lamekh disebut tujuh kali dalam Alkitab, lima kalinya di kitab Kejadian, sekali di I Tawarikh dan sekali di dalam kitab Lukas.

Ia mempunyai seorang anak yang bernama Nuh pada usia 182 tahun dan hidup hingga mencapai usia 777 tahun.

Melalui keturunan Lamekh dilahirkanlah Nuh, Abraham, Daud, hingga akhirnya menurunkan Yesus.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Lamekh

Nuh (Namanya disebutkan 43 kali dalam 28 surah di Al-Qur'an dan 58 kali dalam 48 ayat dalam 9 buku Alkitab Terjemahan Baru) - 

Nahor (Ibrani: נָחוֹר – Nāḥōr; bahasa Yunani: Ναχώρ – Nakhṓr) adalah putra dari Serug menurut Perjanjian Lama. Dalam Kejadian 11:22-26, Nahor terdaftar sebagai putra dari Serug. (Kejadian 11:22) Ia dikatakan hidup sampai usia 148 tahun (Kejadian 11:24-25) dan memiliki seorang putra bernama Terah dalam usia 29 tahun. (Kejadian 11:24) Ia juga merupakan kakek dari Abraham, Nahor II dan Haran, semuanya keturunan Sem. (Kejadian 11:10,25-27)
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Nahor_bin_Serug

Nuh (bahasa Arab: نوح, translit. Nūḥ‎, bahasa Ibrani: נֹחַ, Modern Nōaẖ Tiberias Nōaḥ) adalah tokoh dalam Al-Qur'an, Alkitab, dan Tanakh. Namanya disebutkan 43 kali dalam 28 surah di Al-Qur'an dan 58 kali dalam 48 ayat dalam 9 buku Alkitab Terjemahan Baru. Dalam Islam, Nuh masuk dalam daftar 25 nabi dan berada di urutan ketiga setelah Adam dan Idris.

Kitab suci menyebutkan bahwa manusia sudah banyak melakukan dosa pada masa Nuh. Allah kemudian menghukum mereka dengan mendatangkan air bah besar, sedangkan Nuh yang sebelumnya telah Allah perintahkan untuk membuat bahtera pada akhirnya selamat.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Nuh

Budaya Arab Ternyata Warisan dari Budaya Agama Kristen